Ke Bali, Elon Musk Bakal Resmikan Starlink

Tim Redaksi
Sabtu, 18 Mei 2024 08:33 - 130 View

Ghazinews. com Indonesia  – CEO SpaceX  Elon Musk dijadwalkan hadir di Bali. Untuk meresmikan kehadiran layanan internet satelit Starlink di ajang World Water Forum di Bali.

Hal tersebut diungkap langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ( Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.  Starlink akan menjangkau seluruh wilayah di Indonesia khususnya daerah tertinggal dan tidak terjangkau oleh layana internet Lain.

“Elon Musk juga akan turut berbicara pada pembukaan World Water Forum ke-10 di Bali,” ujar Luhut, dikutip dari keterangan resmi, sabtu (18/5/2024).

Luhut membeberkan hadirnya Starlink bisa menuntaskan masalah ketimpangan layanan internet di Tanah Air. Menurutnya, agenda peresmian Starlink sudah dibahas matang dalam rangkaian WWF.

Ia juga menegaskan kehadiran Elon di WWF sebagai pembicara publik dalam sesi acara pembukaan.

“Elon juga diundang sebagai pembicara publik di pembukaan dari WWF nanti,” sambung Luhut.

Starlink telah mengantongi izin untuk beroperasi di Indonesia untuk menyediakan akses internet langsung ke konsumen akhir, bukan sebatas sebagai mitra atau business-to-business seperti yang dikabarkan sebelumnya. Bahkan, Starlink sudah mulai digunakan oleh warga RI yang tinggal di daerah pedalaman.

Harga Paket Lengkap Perangkat Starlink di Indonesia untuk Sistem Wide Coverage Gaming Online berkisar 13.500.000 ini adalah salah satu alternative buat masyarakat Indonesia khusunya di daerah yang belum terjangkau internet.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan bahwa layanan Starlink telah berhasil melalui tahapan Uji Layak Operasi (ULO).