Melacak Maling teknologi google Baru di HP Android, Therft Detection Look

Tim Redaksi
Selasa, 21 Mei 2024 20:52 - 170 View

GhaziNews.com -Google kini memberikan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk melacak dan mengamankan ponsel mereka dari kejadian jambret atau pencopetan. Theft Detection Look adalah nama fitur ini yang mengunci layar saat ponsel berpindah tangan atau dicopet. Fitur ini menggunakan sensor dan teknologi Artificial Intelligence dari Google yang mendeteksi situasi mencurigakan sebagai upaya pencopetan, seperti saat ponsel dirampas dari pengguna atau diambil dari atas meja dan dibawa lari.

Selain itu, fitur ini juga akan aktif ketika jaringan internet dari ponsel diputuskan. Langkah ini umumnya diambil untuk menghalangi pengguna dari melakukan akses jarak jauh. Dengan cara ini, layar ponsel akan terkunci otomatis untuk melindungi data pengguna yang tersimpan di dalamnya.

Therft Detection Look akan tersedia pada Android 15 yang dijadwalkan akan diluncurkan beberapa bulan lagi dan pada versi Android yang lebih lama dalam waktu mendatang. Android 15 juga membawa fitur keamanan lain bernama Private Spaces. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menempatkan aplikasi dan informasi tertentu pada area terpisah dan dilindungi dengan PIN. Dengan demikian, pengguna masih dapat mengakses aplikasi meskipun ponsel mereka di-reset. Mereka hanya perlu memasukkan password yang sudah diatur sebelumnya.

Tidak hanya itu, Android 15 juga menawarkan sejumlah fitur lainnya, seperti penonaktifan Find my Device hanya bisa dilakukan menggunakan PIN, password, atau autentikasi biometrik seperti sidik jari. Selain itu, Lock screen juga akan aktif otomatis ketika AI mendeteksi kejadian pencopetan atau penjambretan. Ada juga fitur Offline Device Lock yang mengunci layar secara otomatis ketika pencopet berusaha memutuskan koneksi internet HP. Terakhir, Remote Lock juga telah ditingkatkan sehingga pengguna dapat mengunci ponsel dari jarak jauh dengan memasukkan nomor HP beserta beberapa informasi tambahan untuk verifikasi, tanpa perlu password akun Google.(*)