Kota Makassar Salah satu Kota Terbahagia di Dunia.

Tim Redaksi
Kamis, 20 Juni 2024 10:12 - 156 View

GhaziNews.com, Makassar – Kota Makassar kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan masuk dalam Kota Terbahagia di dunia. Kota terbesar di Sulawesi Selatan ini menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang berhasil masuk dalam peringkat itu. Pengakuan tersebut didasarkan pada Happy City Index, yang menempatkan Makassar di posisi 234 dari 250 kota terbahagia di seluruh dunia. Meskipun posisinya masih di peringkat ini, tetapi makna yang terkandung pada penghargaan ini tak mampu diabaikan. Kota Makassar memperoleh medali perunggu dari tiga kategori, termasuk emas dan perak.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, merasa bersyukur karena kota Makassar sudah berhasil masuk ke dalam tiga kategori secara internasional. Ini membuktikan Indeks Bahagia Kota Makassar mencapai 82,9 persen. Juga menepis (menghilangkan/meruntuhkan) image negatif Kota Makassar sebagai kota demonstrasi dan meningkatkan citra positif Makassar sebagai Kota Bahagia.

Penilaian Kota Bahagia dihitung berdasarkan beberapa indikator, seperti City, Government, Economy, Enviroment, dan Mobility. Dalam total penilaian itu, Kota Makassar memperoleh skor 1230,7. Hasil ini membuktikan bahwa Kota Makassar sangat peduli dengan perkembangan kota, menjalankan pemerintahan yang baik dan efektif, ramah terhadap lingkungan, dan mobilitasnya baik dan memadai.

Meskipun prestasi ini terlihat sederhana di mata banyak orang, namun menjadi sebuah kebanggaan bagi warga Makassar dan menunjukkan bahwa Kota Makassar sebagai salah satu kota terbaik di dunia. Prestasi ini akan memotivasi dan menginspirasi Kota Makassar untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakatnya.

Dan perlu ditekankan bahwa penghargaan ini bukanlah hal yang mudah didapat. Oleh karena itu, ini menjadi bukti keberhasilan Kota Makassar dalam membangun kota yang bahagia di Indonesia dan membuat Makassar menjadi terkenal di seluruh dunia.(**)