Launching Pilkada Pangkep 2024 diawali dengan pembacaan syair Al-Barzanji oleh komunitas Sahabat Da’i Pangkep

Tim Redaksi
Minggu, 02 Juni 2024 11:18 - 133 View
Alun alun Kota Pangkep

GhaziNews.com, Pangkep – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan melaksanakan Launcing Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Tribun Alun-Alun Citramas Pangkep yang merupakan pertama kalinya dilakukan oleh KPUD Pangkep. Kegiatan ini diawali dengan pembacaan syair Al-Barzanji oleh komunitas Sahabat Da’i Pangkep untuk memberikan warna baru dan ciri khas tersendiri bagi Pilkada Pangkep, Rabu 29/5/2024.

Sahabat Da’i Pangkep membacakan syair Al-Barzanji dengan maksud untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama masyarakat, khususnya dalam hal pelaksanaan pilkada. Tradisi membaca syair Al-Barzanji telah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat Pangkep ketika melakukan hajatan, seperti pernikahan, aqiqah, maupun syukuran yang lain.

Komisioner KPUD Pangkep Hasanuddin Kuna menjelaskan bahwa seremoni ini bertujuan untuk memberikan warna baru dan ciri khas tersendiri bagi Pilkada Pangkep. “Pembacaan syair Al-Barzanji ini adalah perdana di KPUD Pangkep ketika melakukan seremoni dimulainya Pilkada. Kita memerlukan sesuatu yang baru, unik, dan memiliki ciri khas tersendiri yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat kita”.

Dalam acara ini, Ustadz Tajuddin dari Sahabat Da’i Pangkep menyampaikan apresiasinya atas nuansa baru yang ditawarkan oleh KPUD Pangkep. Menurutnya, pembacaan syair Al-Barzanji sangat baik karena memperkenalkan syiar Islam serta bersholawat kepada Nabi kita Muhammad SAW. Beliau berharap Pilkada di Pangkep diberkahi Allah SWT dan berlangsung aman serta damai.

Proses pembacaan syair Al-Barzanji diakhiri dengan doa yang dibacakan oleh Peltu (Purn) Abdullah Daeng Bonto. Seremoni ini diharapkan menjadi pembuka dan membawa berkah untuk pelaksanaan Pilkada Pangkep yang akan datang, serta memperkuat tali persaudaraan dan kebersamaan antar warga di Pangkep.(Hadi )