Api Melalap Rumah warga di bonto Manai Desa Laiya Maros, Perlu perhatian Cepat Dari pemerintah Setempat.

Tim Redaksi
Rabu, 19 Juni 2024 10:57 - 137 View
Kondisi rumah yang terbakar, dusun Laiya Maros

GhaziNews.com, Maros – Pada hari Selasa tanggal 18 Juni 2024, terjadi kebakaran di RT 03 (Manggesara) Dusun Bontomanai Desa Laiya Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros. Satu unit rumah panggung menjadi korban kebakaran tersebut. Pemilik rumah yang tertimpa musibah ini bernama Dg Alimuddin, yang berusia 62 tahun. Ia berprofesi sebagai petani dan beralamat di RT 03 (Manggesara) Dusun Dusun Bonto Manai Desa Laiya, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros.

Rahmat, salah satu tetangga korban, menjadi saksi kejadian tersebut. Menurut Rahmat, ia mendengar teriakan dari pemilik rumah dan melihat adanya kobaran api dari kamar. Kemudian api merambat ke dapur dan membakar seluruh isi rumah. Rahmat berusaha memadamkan api dengan alat seadanya namun karena rumah tersebut terbuat dari kayu, api cepat membesar dan sulit dipadamkan. Sayangnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun korban mengalami trauma.

Dalam kejadian tersebut, kerugian yang dialami oleh pemilik rumah mencapai sekitar Rp.250 Juta Rupiah. Adapun kerugian tersebut termasuk gabah kering sebanyak 180 karung, traktor tangan sebanyak 2 buah, mesin traktor sebanyak 5 buah, senso sebanyak 2 buah, motor merek Revo sebanyak 1 buah, mesin Dros sebanyak 2 buah, emas seberat +20 gram, dan uang tunai sebanyak 50 juta.

Masyarakat setempat secara gotong-royong membantu korban membersihkan dan mengambil sisa gabah yang masih utuh. Namun, kerugian yang telah terjadi membuat pemilik rumah dan keluarganya mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Oleh karena itu, diperlukan bantuan dari pemerintah setempat dan masyarakat agar pemilik rumah dan keluarganya dapat pulih kembali dari kejadian yang menimpa mereka. Selain itu, kerja sama dengan pihak keamanan juga perlu ditingkatkan untuk mencegah dan mengatasi kebakaran di masa mendatang. Penting bagi masyarakat untuk menggali informasi dan pengetahuan tentang pencegahan kebakaran, agar dapat mengurangi risiko terjadinya kejadian serupa di masa depan. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi dan masyarakat dapat hidup sejahtera dan aman dari kejahatan( Hadi )