Sosialisasi USAID Indonesia IUWASH TangguhTerkait sanitasi Layak di Kelurahan Pettuadae, Maros

Tim Redaksi
Rabu, 22 Mei 2024 11:17 - 359 View
Aula Kantor Lurah Pettuadae.

GhaziNews.com Maros РKegiatan USAID Indonesia IUWASH Tangguh Regional  Propinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan program sosialisasi terkait masalah sanitasi air minum, sanitasi aman, dan kajian partisipatif di Kelurahan Pettuadae, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya sanitasi air dan sanitasi aman, serta mengidentifikasi permasalahan sanitasi dan air minum yang dihadapi warga di wilayah tersebut. Kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu 22 Mei 2024 di aula Kantor Lurah Pettuadae dan didukung oleh peserta dari berbagai lembaga masyarakat setempat.

Sosialisasi ini menghadirkan berbagai pihak terkait seperti Sekretaris Kecamatan Turikale Ali rusdy. ST, mewakili camat Turikale, Lurah Pettuadae Sarifuddin Talli SE, MM, kepala Puskesmas Turikale Amelia syahbani, Azwira perwakilan Bapelitbangda & Dien Anggraeni perwakilan Dinas Kesehatan, serta  para ketua kelompok masyarakat setempat, termasuk RT, RW, BKM, dan LPMK. Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh Sekretaris Kecamatan Turikale, diikuti oleh sambutan dari Lurah Pettuadae dan perwakilan Pendamping IUWASH Tangguh serta dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi terbuka tentang pentingnya sanitasi air, sanitasi aman, dan kajian partisipatif.
Dalam presentasi, peserta di berikan informasi penting tentang pola hidup sehat dan kebersihan lingkungan, serta teknik dan strategi untuk memperbaiki sanitasi air dan sanitasi aman di rumah dan lingkungan sekitar.

Dalam diskusi tersebut, Ketua LPMK Kelurahan Pettuadae, Bapak Alimuddin Assegaf menyampaikan keluhannya terkait pelayanan Air PDAM Maros. Menurutnya, pelayanan air di wilayah tersebut kerap kali sangat keruh dan tidak layak untuk dikonsumsi. Ia juga mengatakan bahwa sudah pernah dilakukan pengaduan ke PDAM, namun tidak ada perbaikan. Padahal, hal tersebut berhubungan dengan program pemerintah terkait penurunan stunting. Oleh karena itu, ia berharap bahwa masalah tersebut dapat segera diatasi dengan adanya perbaikan yang lebih baik.

Semoga Kegiatan sosialisasi ini memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di Kelurahan Pettuadae dan sekitarnya. Dengan meningkatkan pemahaman tentang sanitasi air dan sanitasi aman, masyarakat dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan sanitasi yang buruk. Selain itu, kajian partisipatif memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berkolaborasi dan mengembangkan solusi inovatif untuk meningkatkan sanitasi dan air minum di wilayah mereka. Diharapkan, melalui program sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya sanitasi air dan sanitasi aman, serta lebih proaktif dalam mengambil tindakan untuk meningkatkan sanitasi dan air minum di rumah dan lingkungan sekitar.(  Hadi )