Pengusaha Muda Maros yang sukses Budidaya Anggur.

Tim Redaksi
Senin, 20 Mei 2024 13:25 - 293 View

Ghazinews.com – Maros, Berawal dari Niat dan semangat seorang pengusaha muda di desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, kabupaten Maros Cudding Sapaan akrabnya, telah berhasil mengembangkan budidaya anggur jenis Jupiter dan Transfiguras. Keberhasilan ini tidak didapatkan dengan mudah, ia mengalami berbagai tantangan dalam memulai budidaya tersebut.
Selain Budidaya Anggur Cudding juga membuat tempat wisata pemancingan dan kafe sebagai tempat kumpul anak muda.

Cudding memulai budidaya anggur pada awalnya hanya dengan semangat dan kemauan untuk berusaha. Ia merasa tertantang untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian karena selain itu . Saat memutuskan untuk menekuni cara bertani anggur import, banyak orang sekitar yang meragukan dan pesimis .

Namun, Cudding tidak patah semangat. Ia terus mengakses informasi mengenai budidaya anggur import dari berbagai sumber dan melakukan riset pasar sebelum memulai usahanya. Dia juga mempelajari teknik-teknik baru dalam budidaya anggur import agar hasil panen yang didapat berkualitas baik dan sesuai dengan standar pasar.

Menikmati Malam di bawah Pohon Anggur.

Berbagai tantangan muncul dalam perjalanan Cudding dalam mengembangkan budidaya anggur import-nya. Mulai dari hama dan penyakit pada tanaman anggur, cuaca yang tidak mendukung, dan masalah pemasaran produk yang harus dihadapi. Namun, Cudding terus berusaha agar hasil panennya tetap optimal dengan cara melakukan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman anggur serta memperbaiki teknik pelepasan produksi.

Selain itu, Cudding juga melakukan riset pasar agar produk yang dihasilkannya lebih dikenal oleh masyarakat. Ia melakukan promosi melalui media sosial dan juga bergabung dalam komunitas usaha pertanian. Berkat kerja keras dan semangat tidak menyerah yang dimilikinya, kini budidaya anggur impornya semakin berkembang dan lebih dikenal oleh banyak orang.

Keberhasilan Cudding dalam mengembangkan budidaya anggur import menunjukkan bahwa motivasi dan usaha yang sungguh-sungguh dapat membawa hasil yang baik. Cudding telah mampu membuktikan bahwa bisnis pertanian bukanlah bisnis yang ketinggalan zaman, tetapi juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk dikembangkan di era modern saat ini. Dia juga telah memberikan motivasi dan inspirasi bagi pemuda lain yang ingin mengembangkan usahanya agar tidak takut untuk mencoba hal baru dan berani berinovasi serta melestarikan tanah air melalui pengembangan pertanian.