Menhan Terima Penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama Polri

Tim Redaksi
Kamis, 20 Juni 2024 21:32 - 54 View

GhaziNews.com, Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pada Kamis, 20 Juni 2024. Acara tersebut dilaksanakan di Rupattama Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta Selatan dan disambut oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto, dan para Pejabat Utama Mabes Polri lainnya.

Penghargaan yang diberikan kepada Prabowo tersebut adalah bentuk apresiasi dari Polri atas kerjasama dalam mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Irjen Pol Dedi Prasetyo, sebagai Asisten Kapolri Bidang SDM, mengungkapkan hal tersebut. Prabowo memiliki jasa besar dalam kemajuan dan pengembangan institusi Polri. Selama ini, Prabowo sering mengingatkan peran dan fungsi TNI bersama Polri yang sangat penting bagi rakyat dan juga negara.

Prabowo selalu memberikan dukungan kepada penguatan Polri, termasuk pada kesempatan saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Saat itu, ia menegaskan bahwa TNI dan Polri adalah jaminan terakhir NKRI. Oleh karena itu, rakyat membutuhkan TNI-Polri yang kuat dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tangguh dan unggul.

Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama adalah tanda kehormatan tertinggi dari Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati jasa seseorang dalam memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2012 disebutkan, terdapat tiga tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, antara lain Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya.

Penghargaan tersebut menunjukkan bahwa kerjasama antara TNI dan Polri sangat penting dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara. Dalam hal ini, Prabowo dengan jabatannya sebagai Menteri Pertahanan dan juga sebagai presiden terpilih telah menunjukkan perhatiannya terhadap keamanan dan pertahanan negara melalui dukungan dan kerjasama dengan Polri. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa Prabowo memiliki komitmen yang tinggi terhadap peningkatan dan pengembangan institusi Polri sebagai lembaga keamanan yang bertanggung jawab dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara.(**)